You Are Here: Home » Berita » Permasalahan Kesehatan Akibat Banjir di Kota Samarinda, Kalimantan Timur

Perkembangan permasalahan kesehatan akibat banjir di Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur serta upaya penanggulangannya berdasarkan informasi dari Dinas Kesehatan Kota Samarinda dan Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur  tanggal 20 April 2009 sampai pukul 14.30 WIB sebagai berikut :

1.Pokok Permasalahan
Pada tanggal 20 April 2009 telah terjadi banjir di 8 kelurahan dalam 3 kecamatan di Kota Samarinda, yaitu Kec. Samarinda Utara (6 Kelurahan), Kec. Samarinda Ilir (1 kelurahan) dan Kec. Samarinda Ulu (1 kelurahan). Jumlah penduduk yang berisiko sebanyak 13.270 KK.

2. Permasalahan kesehatan
Tidak ada Korban meninggal dunia, luka-luka maupun pengungsian. Sarana kesehatan yang terendam dan tidak berfungsi sebanyak 3 unit, rinciannya 2 unit Puskesmas  (Puskesmas Remaja dan Puskesmas Bengkuring) dan 1 unit Puskesmas Pembantu.

3. Upaya yang dilakukan

  • Evakuasi korban.
  • Mendirikan 3 Pos Kesehatan yaitu Poskes Temindung Permai, Poskes Bengkuring dan Poskes Segiri.
  • Melakukan pemantauan di lokasi kejadian.

4. Kesimpulan
Saat ini permasalahan kesehatan masih dapat diatasi oleh jajaran kesehatan setempat. Pemantauan tetap dillakukan oleh Dinas Kesehatan Kota Samarinda, Dinas Kesehatan Provinsi Kalimantan Timur dan Pusat Penanggulangan Krisis Depkes.

2 Comments

  1. admin says:

    test

    • Sebagai Ibu Kota Pop.Kaltim, maka bencana banjir dan dampaknya tidak saja menjadi tanggung jawab Pemda Kota Samarinda tetapi juga Pemda Prop.Kaltim. Ingat tamu-2 yg datang di Kota ini juga memicu kerusakan lingkungan seperti Alat Transportasi berat, Manuasia, Barang dll

Leave a Reply

© 2011 Dinkes Kota Samarinda · Subscribe:PostsComments ·