You Are Here: Home » Agenda, Events » Hari Ketiga Sidang Wha Ke-63 Di Jenewa

Pada hari ketiga Sidang World Health Assembly (WHA) di Jenewa (19/05/2010) dilaporkan bahwa hasil pembahasan komite A tentang Pandemic Influenza Preparedness (PIP) sudah diterima dalam plenary WHA, sehingga proses negosiasi PIP secara resmi akan terus berjalan. Prof. Tjandra di komisi A akan membacakan  intervensi Indonesia dalam topik “counterfeit” yang isinya mendukung draft resolusi South East Asia Regional Office (SEARO) dan mengharapkan hal ini dibicarakan pada Inter Govermental Meeting (IGM). Pembicaraan topik ini “panas” karena terdapat perbedaan pendapat antara negara maju dengan negara berkembang dan bahkan antara beberapa negara anggota dengan Dirjen WHO secara terbuka dalam sidang.

Selanjutnya Delegasi RI melakukan pertemuan dengan Prof. Kiikuni dari Sasakawa Foundation dan perwakilan Nippon Foundation untuk membicarakan program Lepra. Sementara itu pada komisi B antara lain dibicarakan kriteria calon Direktur Jenderal WHO, dimana diusulkan ada yang tidak berdasarkan keahlian semata tapi juga berdasarkan regional.

Pada sesi “Side Event on Will Health Service Function When Most Needed? Experience from Recent Earthquake”, beberapa Menteri Kesehatan berbagi pengalaman mereka dalam penanggulangan bencana, dimana pengalaman Indonesia disampaikan Ibu Suhartati, S.Kp. M.Kes, Direktur Bina Pelayanan Keperawatan Ditjen Bina Yanmedik. Acara ini ditutup oleh Asisten Sesjen PBB.

Kemudian secara paralel Dra. Engko Sosialine Magdalene, Apt., Direktur Bina Komunitas dan Klinik Ditjen Bina Yanfar & Alkes didampingi dr. Indrijono Tantoro mewakili Ibu Menkes melakukan presentasi pada International Federation of Pharmaceutical Manufacturers and Associations (IFPMA)

1 Comment

  1. admin says:

    test

Leave a Reply

© 2011 Dinkes Kota Samarinda · Subscribe:PostsComments ·