You Are Here: Home » Kegiatan dan Program » Rakor Kebijakan Kesehatan 2010

[Batu]. Bertempat di Hotel Purnama Batu sedang berlangsung rapat koordinasi (Rakor) kebijakan pembangunan kesehatan Provinsi Jawa Timur 2010. Rakor yang diikuti oleh seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kab/Kota, Direktur RSUD, Kepala UPT Dinkes Prov serta para pejabat struktural Dinkes Prov Jawa Timur, berlangsung mulai kemarin Kamis 16/9 dan akan berakhir hari ini Jum’at 17/9. Rakor yang mengambil tema “Penguatan Implementasi Progam Unggulan Pembangunan Kesehatan di Jawa Timur untuk Kesejahteraan Masyarakat utamanya Wong Cilik” dibuka oleh Sekretaris Daerah DR. Rasiyo, M.Si dan akan ditutup oleh Asisten III DR. Edi Purwinanto, M.Si.
Forum ini dimaksudkan sebagai sarana untuk menyatukan persepsi dan memperoleh dukungan komitmen terhadap kebijakan prioritas pembangunan kesehatan di Jawa Timur. Hal ini sebagai upaya merealisasikan pemenuhan hak-hak masyarakat terutama masyarakat miskin dibidang kesehatan. Dalam sambutannya, DR. Rasiyo, M.Si antara lain mengatakan bahwa “Jangan sampai kebijakan penting yang dirumuskan Pemerintah Provinsi -seperti pelayanan maskin- tidak dimaknai secara konkrit oleh Kabupaten/Kota”. Selain itu juga ditekankan pentingnya upaya evaluasi terhadap pelaksanaan program prioritas baik Jamkesda, Pelayanan di Puskesmas serta Ponkesdesa sehingga diketahui kelemahan-kelemahannya untuk diperbaiki dalam pelaksanaan tahun berikutnya. Karena itu komitmen Bapak Gubernur Jawa Timur DR. Soekarwo dibidang kesehatan tersebut harus dikawal secara memadai sehingga implementasi dilapangan benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat miskin atau wong cilik.
Adanya kendala dalam pengangkatan tenaga perawat untuk Ponkesdes, terkait PP 48 maka Pemerintah Provinsi telah melakukan koordinasi dengan Kementerian PAN dan Kantor Regional Badan Kepegawaian Negara. Dan ada peluang untuk menerbitkan peraturan yang mengakomodasi kebutuhan tenaga kesehatan terutama perawat.
Terkait dukungan pelaksanaan Jamkesda, Sekdaprov menekankan pentingnya dipahami dan dimanfaatkannya Politik Anggaran oleh stake holder pembangunan kesehatan di daerah untuk peningkatan budgeti-allocating khususnya untuk mendukung realisasi program unggulan bidang kesehatan. Ini sangat penting karena program unggulan kesehatan bersentuhan langsung dengan kebutuhan dasar masyarakat miskin.
Rakor ini telah menghasilkan beberapa kesepakatandan rekomendasi untuk memperbaiki pelaksanaan program unggulan di Jawa Timur.mmt

Leave a Reply

© 2011 Dinkes Kota Samarinda · Subscribe:PostsComments ·